27 April 2021   12:05 WIB

Penilaian Pengkoljagong Menuju Desa Wisata

Penilaian Pengkoljagong Menuju Desa Wisata

Penilaian Pengkoljagong Menuju Desa Wisata

Senin (29-03-2021), Bertempat di Pendopo Balai Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama tim penilai melakukan penilaian untuk meng SKkan Desa Pengkoljagong menjadi desa wisata. Kerjasama antara Pemerintah Desa dan Karang taruna untuk mengangkat Pengkoljagong menjadi desa wisata semoga akan terwujud dan berjalan dengan baik.

“Untuk mewujudkan konsep desa wisata kita harus merealisasikan 7 unsur dalam Saptapesona, desa ini saya akui terpencil dan gersang, bahkan anggaran kita juga kecil. Akan tetapi tidak menjadikan halangan untuk terus berbenah demi terwujudnya Desa Wisata Pengkoljagong.” Ujar Sugiyono, Kepala Desa Pengkoljagong.

Dalam kesempatan itu Sugiyono juga memaparkan konsep-konsep desa yang akan dijadikan destinasi wisata di Desa Pengkoljagong.

Yuli, Kasi Obyek Sarana dan Prasarana sebagai perwakilan dari Dinporabudpar menyatakan kekagumannya atas prestasi Desa Pengkoljagong yang namanya sudah dikenal secara nasional.

“Saya mewakili Bapak Kadin dan Ibu Kabid Pariwisata untuk hadir ke desa ini, kami sangat kagum dengan apa yang dipaparkan oleh Kades, baru pertama kali saya datang ke sini, tapi gaung Desa Pengkoljagong sudah bisa dikenal di mana2 dengan beberapa festival berskala nasional yang sudah diselenggarakan. Satu-satunya desa yg berani melakukan gebrakan sebesar ini. Semoga bisa berlanjut, agar kegiatan positif tersebut tetap berjalan,” ungkapnya.

Yuli melanjutkan, bahwa ada indikator untuk bisa dikukuhkan menjadi Desa Wisata, konsep-konsep yang telah dipaparkan oleh Kepala Desa secara garis besar sudah masuk dalam kategori, akan tetapi masih ada beberapa indikator yang perlu ditambahi oleh pemerintah Desa untuk menjadikan Desa Pengkoljagong menjadi Desa wisata.

“Setelah dilakukan penilaian, maka tinggal menunggu penandatanganan SK oleh Bupati Blora,” tutupnya. (SM/LB)


Info