28 Agustus 2019   09:33 WIB

Tim Kesenian Kab. Blora Meraih Juara III Pada Parade Seni Budaya Jateng 2019.

Tim Kesenian Kab. Blora Meraih Juara III Pada Parade Seni Budaya Jateng 2019.

Tim Kesenian Kab. Blora Meraih Juara III Pada Parade Seni Budaya Jateng 2019.

Tim kesenian Kabupaten Blora merupakan salah satu kontingen yang mengikuti Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2019. Parade ini diselenggarakan di Wonogiri pada hari Minggu, tanggal 25 Agustus 2019 dengan mengambil rute sepanjang Jalan Jendal Soedirman. Parade Seni Budaya Jawa Tengah Tahun 2019 merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah.

Tim kesenian yang dikirim oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora berasal dari SMK Muhammadiyah 1 Blora yang menampilkan garapan tari dengan tema Bleger Wengker. dari Menurut koreogrfernya, Maryoto Toteng, garapan tari Bleger Wengker terinspirasi dari kesenian rakyat yang ada di Kabupaten Blora yaitu barongan atau singo barong yang merupakan perwujuduan dari seorang adipati yang berkuasa di Alas Wengker. Bleger berarti wujud atau bentuk, dan wengker adalah hutan. Tarian Bleger Wengker merupakan wujud semangat kebersamaan, kegagahan, dan keberanian serta loyalitas prajurit singo barong dalam menjaga keamanan dan ketentraman Alas Wengker.

Parade Seni Budaya Jawa Tengah mengambil tema ngrumat bebrayan. Acara parade ini dibuka oleh tim Marching Band Univeristas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, kemudian disusul oleh tim penampil asing yang merupakan kolaborasi tari dari para pemainnya yang berasal dari Ceko, Hungaria, Iran, Amerika Serikat, Laos dan Madagaskar. Setelah itu baru disusul tim kesenian dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Adapun tim kesenian Kabupaten Blora mendapatkan nomor urut tampil 16 dan menjadi Penyaji Terbaik III, dibawah Kabupaten Wonogiri yang menjadi Penyaji Terbaik I, dan Kabupaten Semarang yang menjadi Penyaji Terbaik II. (Aris)


Info