13 Agustus 2019   08:22 WIB

Workshop Penulisan Cerpen Kegiatan Indonesiana Cerita Dari Blora

Workshop Penulisan Cerpen Kegiatan Indonesiana Cerita Dari Blora

Workshop Penulisan Cerpen Kegiatan Indonesiana Cerita Dari Blora

Workshop Penulisan Cerpen merupakan rangkaian kegiatan pra festival Cerita dari Blora 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 22 September 2019.  Festival Cerita dari Blora 2019 adalah bagian dari platform Indonesiana yang diinisiasi oleh Direktorat Jendral Kebudayaan Kemdikbud dan dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora yang bekerjasama dengan para pelaku budaya di Kabupaten Blora. Gotong royong antara pemerintah dan pelaku budaya diharapkan akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan budaya. Pelaku budaya yang digandeng untuk mengerjakan kegiatan Workshop Penulisan Cerpen adalah Sri Purnomowati, seorang pengajar dan cerpenis yang juga menjadi moderator acara.

Workshop Penulisan Cerpen dilaksanakan pada 5 s.d 8 Agustus 2019 di 4 tempat yaitu Sambong, Jepon, Ngawen dan Randublatung dengan mengundang para peserta dari perwakilan pelajar dari 16 kecamatan. Pembicara yang memberikan materi adalah Heri Santoso, seorang sastrawan dari Kediri, Dwiyanto, cerpenis Blora, dan Sri Wiyono sebagai wartawan dan pengamat sosial yang pernah bertugas 11 tahun di Blora. Kegiatan workshop penulisan cerpen Workshop penulisan cerpen bertujuan untuk memberikan bekal menulis pada generasi muda pada umumnya, terlebih bagi yang menggemari sastra. Selain itu, peserta juga diberikan materi soal sedulur sikep yang menjadi tema utama Festival Cerita dari Blora 2019. Diharapkan para peserta kegiatan bertambah produktif dalam menulis cerpen dan mau ikut serta mengirimkan hasil karyanya untuk mengikuti Lomba Cipta Puisi dan Cerpen yang juga menjadi kegiatan pra Festival Cerita dari Blora 2019.

Kegiatan Workshop Penulisan Cerpen dilakukan dengan pemberian teori menulis, dilanjutkan pengantar sekilas perihal sedulur sikep di Kabupaten Blora. Setelah rehat, peserta diberikan kesempatan untuk praktik membuat cerpen. Tulisan hasil praktik peserta kemudian diulas oleh pemateri dan diberikan komentar.


Info